TIPS MENGURANGI RESIKO BENCANA ALAM

Bencana alam merupakan sebuah peristiwa yang terjadi di alam dan tentunya menyebabkan akibat yang besar untuk manusia. Momen petaka yang dapat terjadi sangatlah banyak. Ada banyak sekali macam bencana yang mungkin terjadi di sekitar Anda. dampak bencana alam kita yang kurang bersahabat dengan alam kadang hal ini lah yang mendasari musibah dengan mudah dapat terjadi. Petaka yang kerap kali terjadi ialah banjir dan juga tanah longsor.

Banjir dan tanah longsor dapat di bilang salah satu bencana yang paling tak jarang terjadi di Indonesia. Pun banyak sekali daerah yang memiliki potensi banjir dan tanah longsor. Bisa di ucap juga kedua tipe bencana ini sepaket. Saat hujan kerap turun maka akan banyak daerah yang mengalami banjir. Untuk tempat yang mempunyai dataran lebih tinggi atau di lereng gunung lebih banyak mengalami longsor.

Tentu saja petaka alam ini diakibatkan manusia yang kurang mencintai alamnya. Untuk banjur seumpama terang sebab banyaknya pemukiman sehingga resapan air menjadi kurang. Nah demi mengurangi risiko banjir ini Anda bisa mengerjakan sebagian kiat yang bisa Anda terapkan di rumah yang Anda miliki. Karena perubahan itu selalu dari hal yang paling kecil yakni rumah Anda sendiri.

Pertama yang bisa Anda lakukan yakni Anda bisa membuat biopori di lingkungan rumah Anda. Tak menutup keseluruhan lahan yang Anda miliki menerapkan semen dan beton tentu opsi terbaik yang bisa Anda pakai. Anda pun bisa menambah dengan tanaman yang memiliki akar cukup menyerah air. Jadi Anda dapat memakainya agar tanah yang Anda tinggali menjadi lebih serap air.


Anda bahkan tak boleh lupa untuk menghilangkan kebiasaan buang sampah sembarangan. Akan lebih baik seandainya Anda menghindari bermacam-macam penggunaan plastik untuk kegiatan Anda sehari-hari. Sampah ini yakni salah satu sumber banjir yang paling besar terjadi. Nah untuk menanggulangi risiko longsor Anda dapat dengan ikut serta melakukan reboisasi pada hutan maupun dengan menanam beraneka tumbuhan perdu. Karena hanya reboisasi lah yang dapat menyelamatkan dari bencana alam longsor.